PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X SMA NEGERI 1 KAWAY XVI

Main Authors: Herayana, Herayana, Hadi, Khairil, Syamsu, Fetro Dola
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi , 2020
Online Access: http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/416
http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/416/364
ctrlnum article-416
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X SMA NEGERI 1 KAWAY XVI</title><creator>Herayana, Herayana</creator><creator>Hadi, Khairil</creator><creator>Syamsu, Fetro Dola</creator><description lang="en-US">&#xA0;ABSTRAK:&#xA0;Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1). Validitas modul pembelajaran biologi berbasis pendekatan jelajah alam sekitar yang dikembangkan; 2). Peningkatan hasil belajar siswa yang diajar melalui modul pembelajaran berbasis pendekatan jelajah alam sekitar yang dikembangkan; 3). Respon siswa terhadap modul biologi berbasis pendekatan jelajah alam sekitar yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakakan adalah Penelitian pengembangan (Research &amp; Development) yang mengacu pada model pengembangan 4-D, dimulai pada tahap define (pendefinisian) dengan menganalisis tujuan, tahap design (perencanaan) dengan menyusun modul, tahap develop&#xA0;(pengembangan) yang menghasilkan modul yang telah direvisi dan telah di uji cobakan pada uji terbatas di lapangan. Adapun yang menjadi Subjek penelitian dalam penelitian pengembangan ini adalah seluruh siswa kelas X MIA 2 SMA N 1 Kaway XVI pada tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 22 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan siswi perempuan terdiri dari 14 siswi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, observasi, kuesioner (angket), wawancara dan dokumentasi.&#xA0;Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan data uji coba diperoleh; 1) Modul pembelajaran biologi berbasis pendekatan jelajah alam sekitar yang dikembangkan sangat valid, ditinjau dari hasil validator ahli bahasa, ahli materi dan ahli bahasa, rata-rata validasi ahli sebesar 94,3% &#xA0;dengan kategori Sangat Valid 2). Modul pembelajaran berbasis pendekatan jelajah alam sekitar yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yang dilihat dari hasil belajar yang berupa pre test&#xA0;dan post test&#xA0;yang dikerjakan oleh siswa. Rata-rata hasil Post test siswa sebesar 81,81% dengan kategori Sangat Efektif 3). Respon positif siswa terhadap modul pembelajaran berbasis pendekatan jelajah alam sekitar yang dikembangkan, rata-rata respon siswa terhadap modul yang dikembangkan sebesar 88,67% dengan kategori Sangat Praktis.&#xA0;Kata Kunci : Modul ; Model 4-D; Keanekaragaman Hayati; Pendekatan Jelajah Alam Sekitar</description><publisher lang="en-US">Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi</publisher><publisher lang="id-ID">Bionatural : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2020-03-04</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/416</identifier><source lang="en-US">Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi; Vol 7, No 1 (2020): Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi; 61-74</source><source lang="id-ID">Bionatural : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi; Vol 7, No 1 (2020): Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi; 61-74</source><source>2579-4655</source><source>2355-3790</source><language>eng</language><relation>http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/416/364</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2020 Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi</rights><recordID>article-416</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Journal:Journal
author Herayana, Herayana
Hadi, Khairil
Syamsu, Fetro Dola
title PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X SMA NEGERI 1 KAWAY XVI
publisher Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
publishDate 2020
url http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/416
http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/416/364
contents ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1). Validitas modul pembelajaran biologi berbasis pendekatan jelajah alam sekitar yang dikembangkan; 2). Peningkatan hasil belajar siswa yang diajar melalui modul pembelajaran berbasis pendekatan jelajah alam sekitar yang dikembangkan; 3). Respon siswa terhadap modul biologi berbasis pendekatan jelajah alam sekitar yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakakan adalah Penelitian pengembangan (Research & Development) yang mengacu pada model pengembangan 4-D, dimulai pada tahap define (pendefinisian) dengan menganalisis tujuan, tahap design (perencanaan) dengan menyusun modul, tahap develop (pengembangan) yang menghasilkan modul yang telah direvisi dan telah di uji cobakan pada uji terbatas di lapangan. Adapun yang menjadi Subjek penelitian dalam penelitian pengembangan ini adalah seluruh siswa kelas X MIA 2 SMA N 1 Kaway XVI pada tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 22 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan siswi perempuan terdiri dari 14 siswi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, observasi, kuesioner (angket), wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan data uji coba diperoleh; 1) Modul pembelajaran biologi berbasis pendekatan jelajah alam sekitar yang dikembangkan sangat valid, ditinjau dari hasil validator ahli bahasa, ahli materi dan ahli bahasa, rata-rata validasi ahli sebesar 94,3% dengan kategori Sangat Valid 2). Modul pembelajaran berbasis pendekatan jelajah alam sekitar yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yang dilihat dari hasil belajar yang berupa pre test dan post test yang dikerjakan oleh siswa. Rata-rata hasil Post test siswa sebesar 81,81% dengan kategori Sangat Efektif 3). Respon positif siswa terhadap modul pembelajaran berbasis pendekatan jelajah alam sekitar yang dikembangkan, rata-rata respon siswa terhadap modul yang dikembangkan sebesar 88,67% dengan kategori Sangat Praktis. Kata Kunci : Modul ; Model 4-D; Keanekaragaman Hayati; Pendekatan Jelajah Alam Sekitar
id IOS4328.article-416
institution STKIP BINA BANGSA MEULABOH
institution_id 1160
institution_type library:university
library
library PERPUSTAKAAN STKIP BINA BANGSA MEULABOH
library_id 1015
collection Bionatural
repository_id 4328
subject_area Education and Related Topics/Pendidikan, Penelitian dan Topik Terkait tentang Perpustakaan
Biology/Biologi, Ilmu Hayat
city MEULABOH
province ACEH
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4328
first_indexed 2020-03-23T01:33:01Z
last_indexed 2020-03-23T01:33:01Z
recordtype dc
_version_ 1686112519278559232
score 17.538404