UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) PADA MATERI SEL DI KELAS XI MIA.2 SMA NEGERI SERIBU BUKIT
Main Author: | Admi, Rusminarti |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
, 2019
|
Online Access: |
http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/376 http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/376/327 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRendahnya hasil belajar siswa kelas XI MIA.2 SMA Negeri Seribu Bukit disebabkan siswa kurang menyenangi pembelajaran Biologi, karena metode yang digunakan masih kurang tepat, materi berpusat pada guru, siswa tergolong pasif pada pelajaran Biologi, sehingga hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) ada tidaknya peningkatan hasil belajar siswa; 2) aktivitas guru dan siswa terhadap peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA.2 SMA Negeri Seribu Bukit yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes akhir siklus, observasi dan angket. Teknik pengolahan data menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari 21,74 % pada pra penelitian meningkat menjadi60,87 % pada siklus I dan meningkat menjadi 95,65 % pada siklus II. Pembelajaran melalui model Creative Problem Solving (CPS) dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa, persentase aktivitas guru dan siswa pada setiap siklus yaitu siklus I (78%) dan siklus II (95%) untuk aktivitas guru. Sedangkan untuk aktivitas siswa siklus I (68%) dan siklus II (93%). Model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sel di kelas XI MIA.2 SMA Negeri Seribu Bukit. Kata kunci: Creative Problem Solving, hasil belajar