PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SIFAT SIFAT BENDA KELAS III SD NEGERI SUAK PANDAN KECAMATAN SAMATIGA KABUPATEN ACEH BARAT

Main Authors: Syamsu, Fetro Dola; STKIP Bina Bangsa Meulaboh, Rahmiyani, .; STKIP Bina Bangsa Meulaboh
Format: Article application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: STKIP BINA BANGSA MEULABOH , 2018
Online Access: http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/349
Daftar Isi:
  • Abstrak: Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat benda kelas III SD Negeri Suak Pandan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together ( NHT). Pendekatan penelitian ini menggunakan Pendekatan penelitian Kualitatif. Jenis penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas-(PTK), Waktu Penelitian pada bulan Agustus 2017 di SD Negeri Suak Pandan Kecamatan Samatiga Kabupaten Aceh Barat Tahun Ajaran 2017 / 2018 pada semester ganjil. Subjek dalam penelitian berjumlah 9 orang yang terdiri dari 3 laki-laki dan 6 perempuan. Instrumen dalam penelitian ini terdiri: lembar tes dan lembar observasi. Teknik pengumpulan datanya seperti : Observasi, dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini Persentase. Kesimpulan dari pembahasan ini adalah Numbered Heads Together adalah suatu metode belajar dimana setiap siswa nomor kemudian dibuat suatu kelompok secara acak guru memanggil nomor dari siswa. Hasil belajar adalah perubahan perilaku peserta didik belajar. Berdasarkan hasil penelitian penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together ( NHT ) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat benda kelas III SD Negeri Suak Pandan dapat meningkatkan hasil belajar dalam pelajaran IPA, hal ini ditunjukkan bahwa siswa tertarik dengan model pembelajaran Numbered Heads Together ( NHT) sehingga mereka senang dalam belajar. Kata-kata kunci: Model Pembelajaran Numbered Heads Together ( NHT), Hasil Belajar.