PENGARUH PENGGUNAAN MODEL LEARNING CYCLE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI VIRUS DI KELAS X SMA NEGERI I KAWAY XVI KABUPATEN ACEH BARAT

Main Authors: Marsuci, Agustin, Syamsu, Fetro Dola
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi , 2019
Online Access: http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/314
http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/314/269
Daftar Isi:
  • Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berkarakter pada pembelajaran biologi materi sistem gerak pada manusia di kelas XI-Mia1 SMA Negeri 1 Meureubo Aceh Barat yang efektif dan valid. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-MIA1 SMA Negeri 1 Meureubo sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, validasi dan angket. Teknis analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Hasil dari penelitian ini adalah Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berkarakter pada pembelajaran biologi materi sistem gerak pada manusia di kelas XI-IPA SMA Negeri 1 Meureubo Aceh Barat sudah dikatakan efektif, hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa ada 19 orang siswa atau 76% yang mencapai nilai tuntas sementara yang tidak tuntas ada 6 orang siswa atau 24% dengan nilai rata-rata keseluruhannya adalah 73. Hasil pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berkarakter pada pembelajaran biologi materi sistem gerak pada manusia layak digunakan untuk siswa kelas XI-IPA SMA Negeri 1 Meureubo Aceh Barat, karena mendapat nilai rata-rata kelayakan dari validator sebesar 85,95% dengan kriteria layak untuk digunakan.