MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN HEWAN KELAS VII SMP NEGERI 1WOYLA BARAT

Main Author: Sartika, Dewi; STKIP BBM
Format: Article application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: STKIP BINA BANGSA MEULABOH , 2017
Online Access: http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/237
Daftar Isi:
  • Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan media pembelajaran berbasis powerpoint untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi system pencernaan hewan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Woyla Barat. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Woyla Barat. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII/A SMP Negeri 1 Woyla Barat. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik Random Sampling (sampel acak) dengan cara random yaitu kelas VII/A yang berjumlah 22 siswa. Instrumen dalam penelian ini adalah observasi dengan tes. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mencari nilai tertinggi, terendah dan rata-rata. Sebagai indikator keberhasilan dalam tindakan ini meningkatkan hasil belajar siswa sebanyak 80%. melalui media pembelajaran berbasis TIK. Hasil penelitian menununjukan peningkatan hasil belajar siswa dari 31,82% pada pra tindakan meningkat menjadi 36.66% pada siklus 1. Dan juga pada siklus 2 juga terjadi peningkatan yakni 59,09% pada pertemuan 1 meningkat menjadi 86,36% pada pertemuan kedua. Kata kunci: Pembelajaran , model media pembelajaran berbasis powerpoint, hasil belajar