ANALISIS KESESUAIAN MATERI INSTRUMEN EVALUASI DENGAN INDIKATOR PADA RPP MATERI PLANTAE DAN SISTEM EKSKRESI DI SMA KOTA BANDUNG
Main Author: | Ferazona, Sepita |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
, 2018
|
Online Access: |
http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/191 http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/191/178 |
ctrlnum |
article-191 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">ANALISIS KESESUAIAN MATERI INSTRUMEN EVALUASI DENGAN INDIKATOR PADA RPP MATERI PLANTAE DAN SISTEM EKSKRESI DI SMA KOTA BANDUNG</title><creator>Ferazona, Sepita</creator><description lang="en-US">Abstrak: Instrumen evaluasi dalam mengukur kemapuan siswa harus sesuai dengan kompetensi dasar, agar kompetensi yang diharapkan bisa tercapai. Penelitian ini dilihat dari aspek kesesuaian materi instrumen evaluasi dengan indikator pada RPP, kesesuaian materi instrumen evaluasi dengan materi yang terkandung dalam kompetensi dasar dan kesesuaian materi intrumen evaluasi dengan materi yang disampaikan guru selama proses pembelajaran di kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Subjek penelitian adalah sepuluh orang guru biologi dari tujuh SMA N di kota Bandung sebagai sampel, setiap sekolah mewakili tiga cluster.Pemilihan sampel penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik stratified sampling, yaitu dengan memilih sekolah dengan katagori tinggi, sedang dan rendah.KD yang dianalisis materi Sistem Ekskresi kelas XI. Data diperoleh dengan cara observasi, studi dokumentasi dan angket. Kesesuaian materi instrumen evaluasi dengan indikator pada RPP pada materi Sistem ekskresi 82,38%. Kata kunci: Kompetensi Dasar, Instrumen Evaluasi, Hasil Belajar.</description><publisher lang="en-US">Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi</publisher><publisher lang="id-ID">Bionatural : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2018-08-14</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/191</identifier><source lang="en-US">Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi; Vol 4, No 2 (2017): BIOnatural : Jurnal ilmiah pendidikan Biologi</source><source lang="id-ID">Bionatural : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi; Vol 4, No 2 (2017): BIOnatural : Jurnal ilmiah pendidikan Biologi</source><source>2579-4655</source><source>2355-3790</source><language>eng</language><relation>http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/191/178</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2018 Bionatural</rights><recordID>article-191</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion Other File:application/pdf File Journal:Journal |
author |
Ferazona, Sepita |
title |
ANALISIS KESESUAIAN MATERI INSTRUMEN EVALUASI DENGAN INDIKATOR PADA RPP MATERI PLANTAE DAN SISTEM EKSKRESI DI SMA KOTA BANDUNG |
publisher |
Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi |
publishDate |
2018 |
url |
http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/191 http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/191/178 |
contents |
Abstrak: Instrumen evaluasi dalam mengukur kemapuan siswa harus sesuai dengan kompetensi dasar, agar kompetensi yang diharapkan bisa tercapai. Penelitian ini dilihat dari aspek kesesuaian materi instrumen evaluasi dengan indikator pada RPP, kesesuaian materi instrumen evaluasi dengan materi yang terkandung dalam kompetensi dasar dan kesesuaian materi intrumen evaluasi dengan materi yang disampaikan guru selama proses pembelajaran di kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Subjek penelitian adalah sepuluh orang guru biologi dari tujuh SMA N di kota Bandung sebagai sampel, setiap sekolah mewakili tiga cluster.Pemilihan sampel penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik stratified sampling, yaitu dengan memilih sekolah dengan katagori tinggi, sedang dan rendah.KD yang dianalisis materi Sistem Ekskresi kelas XI. Data diperoleh dengan cara observasi, studi dokumentasi dan angket. Kesesuaian materi instrumen evaluasi dengan indikator pada RPP pada materi Sistem ekskresi 82,38%. Kata kunci: Kompetensi Dasar, Instrumen Evaluasi, Hasil Belajar. |
id |
IOS4328.article-191 |
institution |
STKIP BINA BANGSA MEULABOH |
institution_id |
1160 |
institution_type |
library:university library |
library |
PERPUSTAKAAN STKIP BINA BANGSA MEULABOH |
library_id |
1015 |
collection |
Bionatural |
repository_id |
4328 |
subject_area |
Education and Related Topics/Pendidikan, Penelitian dan Topik Terkait tentang Perpustakaan Biology/Biologi, Ilmu Hayat |
city |
MEULABOH |
province |
ACEH |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4328 |
first_indexed |
2019-05-07T07:16:36Z |
last_indexed |
2019-05-07T07:16:36Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686112519215644672 |
score |
17.538404 |