PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM IPA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK SISWA SMP SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP

Main Author: Syamsu, Fetro Dola
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi , 2018
Online Access: http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/190
http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/190/177
Daftar Isi:
  • Permasalahan yang ditemukan pada SMPN 25 di Padang adalah belum terdapat penuntun praktikum khusus dalam melakukan kegiatan praktikum. Penuntun praktikum masih berupa lembar kerja siswa (LKS), buku paket, dan lembar praktikum yang diambil dari internet. Penuntun praktikum tersebut tidak menjadikan praktikum terorganisasi dengan baik, sehingga siswa tidak terbiasa dalam melatih keterampilan sains yang dimiliki. Pemahaman konsep IPA secara utuh menumbuhkan pemahaman IPA sebagai produk dan proses. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan, untuk menghasilkan penuntun praktikum yang valid, praktis dan mengungkapkan keefektifan penuntun praktikum IPA berbasis inkuiri terbimbing untuk siswa SMP kelas VII semester genap.Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap investigasi awal, tahap pengembangan atau pembuatan prototipe, dan tahap penilaian. Instrumen pengumpul data dalam penelitian ini adalah lembar validasi penuntun praktikum, angket praktikalitas untuk guru dan siswa, angket motivasi siswa, lembar pengamatan aktivitas siswa, dan tes hasil belajar siswa. Ujicoba kelompok besar dilakukan pada 32 siswa kelas VII.3 SMPN 25 Padang. Data dianalisis secara deskriptif dengan mempersentasekan hasil yang didapatkan di lapangan.Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa Penuntun Praktikum IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Siswa SMP Kelas VII Semester Genap sangat valid dengan nilai 3,23, sangat praktis dengan nilai 3,68 oleh guru dan 3,47 oleh siswa dan sangat efektif dengan nilai aktivitas 75,33%, motivasi dengan nilai 81,81%, dan hasil belajar dengan nilai 81,84%. Kesimpulannya adalah bahwa Penuntun Praktikum IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Siswa SMP Kelas VII Semester Genap sudah valid, praktis, dan efektif. Kata-kata kunci:Penuntun Praktikum IPA, Inkuiri Terbimbing