ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM 2013 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD NEGERI SUAK TIMAH KECAMATAN SAMATIGA KABUPATEN ACEH BARAT
Main Authors: | Nurjannah, Nurjannah, Kistian, Agus |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
, 2020
|
Online Access: |
http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/435 http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/435/383 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Kurikulum 2013 terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Suak Timah Kecamatan Samatiga Kabupaten Aceh Barat. Penerapan Kurikulum 2013 tersebut dideskripsikan berdasarkan tiga aspek yang meliputi tingkat ketercapaian perencanaan pembelajaran, tingkat ketercapaian pelaksanaan pembelajaran, dan tingkat ketercapaian penilaian dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif Deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah semua guru dan siswa di SD Negeri Suak Timah. Sampel yang diambil dari populasi adalah sepuluh orang guru PNS yang menerapkan Kurikulum 2013 dan 14 siswa kelas IV. Data diperoleh melaluiangket, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen angket yang digunakan adalah angket tertutup dengan skala Likert. Data hasil angket dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan hasil wawancara dianalisismenggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa pada penggunaan kurikulum 2013 dengan nilai rata-rata 72 dan pada kurikulum KTSP dengan nilai rata-rata 60,5. Pada penelitian ini juga menunjukan bahwa semua guru SD Negeri Suak Timah sudah menerapkan Kurikulum 2013 dengan sangat baik. Pada aspek perencanaan pembelajaran, guru sudah menyusun RPP secara mandiri yang dikembangkan dari silabus Kurikulum 2013. Hal ini ditunjukkan dengan persentase ketercapaian berdasarkan hasil angket rata-rata nilainya sebesar 70%, 80%, dan 90% yang dikategorikan sangat baik. Pada angket siswa peneliti menemukan hal yang sangat menarik, Ketika peserta didik merasa senang di dalam sebuah pembelajaran maka hal tersebut akan berpengaruh pada hasil belajar siswa, bukannya siswa jarang merasa tidak menarik dan membosankan tetapi sebaliknya, siswa lebih dominan merasa tertarik belajar menggunakan Kurikulum 2013 yang ditunjukkan pada nilai sebesar 92,85% . Kata kunci : Analisis , Kurikulum 2013, Hasil belajar.