PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK SISWA SD NEGERI GUNONG KLENG

Main Author: Nababan, Siti Aminah
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2019
Online Access: http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/383
http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/383/333
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menuntut kompetensi profesional guru dalam berkewajiban menyusun perangkat pembelajaran secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif dan menyenangkan. Sejauh ini, dari segi isi dan kualitas perangkat pembelajaran yang diterapkan guru masih belum tergolong baik karena fakta bahwa perangkat yang dikembangkan oleh guru belum pernah diuji validitas, kepraktisan maupun keefektifannya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pemebelajaran matematika yang valid, praktis dan efektif melalui Pendekatan Matematika Realistik Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dikembangkan dengan model 4-D, yaitu: pendefinisian (define), perencanaan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini yaitu: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS). Sedangkan model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Realistik Mathematics Education (RME).