PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Main Authors: Kistian, Agus, Mahdi, T. Khairul
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2019
Online Access: http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/366
http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/366/317
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh metode discovery dengan metode ekspositori terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Gunung Keling pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gunung Keling dan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dipilih secara total sampling sebanyak dua kelas. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar matematika dan angket kemampuan berpikir kreatif. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2x2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA pada taraf signifikan α = 0,05. Dari hasil penelitian ini diperoleh rerata hasil belajar yang diajarkan metode pembelajaran discovery yaitu 82,00 sedangkan rerata hasil belajar yang diajarkan metode pembelajaran ekspositori yaitu 70,85. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran discovery lebih tinggi dari siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran ekspositori.Kata Kunci : Discovery, Hasil Belajar, Matematika