PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI PAYA PEUNAGA KABUPATEN ACEH BARAT

Main Author: Fahreza, Febry; STKIP Bina Bangsa Meulaboh
Format: Article application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: STKIP BINA BANGSA MEULABOH , 2018
Online Access: http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/340
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah danekspositori terhadap hasil belajar IPS di kelas V SD Negeri Paya Peunaga Kabupaten Aceh Barat. Penelitianini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2 yang mempunyai dua variabel bebasdan satu variable terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Paya PeunagaKabupaten Aceh Barat yang terdiri atas dua kelas dengan jumlah 76 siswa. Sampel penelitian ditetapkankelasV-B yang menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah dan kelas V-A yang menggunakanstrategi pembelajaran ekspositori. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Datadikumpulkan melalui tes hasil. Untuk mengukur hasil belajar digunakan tes berbentuk pilihan ganda dengan4 pilihan jawaban dengan jumlah soal sebanyak 38 soal dengan koefisien reliabilitas 0,92. Uji normalitasdengan uji Liliefors sedangkan uji homogenitas dengan uji Fisher dan uji Barlett. Kemudian data di analisisdengan Anava dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitianadalah: (1) rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berbasis masalah X = 29,27lebih tinggi dari pada rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori X =27,55. Kata-kata kunci: Strategi Pembelajaran, Hasil Belajar IPS.