PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI SEUMANTOK KABUPATEN ACEH BARAT
Main Author: | Kristanti, Dian; STKIP Bina Bangsa Meulaboh |
---|---|
Format: | Article application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
STKIP BINA BANGSA MEULABOH
, 2018
|
Online Access: |
http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/339 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Kurangnya pemahaman siswa terhadap materi geometri bangun ruang dikarenakan metode yangsering dipakai guru matematika di SD Negeri Seumantok adalah metode konvensional. Hal ini membuatsiswa pasif, bosan, tidak serius, dan ribut dalam belajar sehingga siswa tidak paham dengan materi pelajaranyang dipelajari. Penerapan Model Kooperatif Learning Tipe Jigsaw ini dilaksanakan pada kelas V SD NegeriSeumantok Kecamatan Pante Ceureumen. penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Mei 2016. Rumusanmasalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif teknikJigsaw pada pelajaran Matematika materi geometri bangun ruang berpengaruh terhadap ketuntasan hasilbelajar siswa? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi bangun ruang.Selain dari itu peneliti juga bertujuan untuk membuat siswa lebih aktif dalam mengikuti pelajaran yangdisampaikan guru sehingga tujuan utama tercapai yaitu meningkatkan hasil belajar siswa.. Metode/modelpembelajaran yang di gunakan dalam penelitian ini adalah model Kooperatif Learning Tipe Jigsaw padakelas V SD Negeri Seumantok Kecamatan Pante Ceureumen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelasV SD Negeri Seumantok Kecamatan Pante Ceureumen dengan jumlah 20 siswa. Pendekatan yang digunakanadalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis PTK. Kata-kata kunci:Penerapan, model, Jigsaw, Meningkatkan, Hasil Belajar Siswa.