PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN RMEUNTUK MENINGKATKANKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR
Main Author: | Nababan, Siti Aminah; STKIP Bina Bangsa Meulaboh |
---|---|
Format: | Article application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
STKIP BINA BANGSA MEULABOH
, 2018
|
Online Access: |
http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/337 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) efektivitas perangkat pembelajaran berbasispendekatan RME dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SD; 2) peningkatan kemampuanberpikir kritis siswa SD dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan RME; 3) responsiswa terhadap pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik dalammeningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SD; 4) proses jawaban yang dibuat siswa dalammenyelesaikan soal-soal kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitianpengembangan. Penelitian ini dilakukan menggunakan model pengembangan Four-D. Populasi dalampenelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Negeri Suak Gedebang,pengambilan sampel menggunakansimple random sampling dan kelas yang dijadikan sebagai sampel untuk uji coba adalah kelas VI-A dan kelasVI-B. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) perangkat pembelajaran memenuhi keefektifan,efektivitas ditinjau dari a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) ketercapaian tujuan pembelajaran; danc) waktu pembelajaran; 2) peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan perangkatpembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik; 3) respon siswa terhadap komponen-komponenperangkat pembelajaran dan kegiatan pembelajaran adalah positif; 4) proses jawaban siswa pada uji coba IIlebih baik dari uji coba I. Selanjutnya, disarankan agar guru dapat menggunakan perangkat pembelajaranberbasis pendekatan RME sebagai alternatif pembelajaran, dengan bimbingan atau pertanyaan-pertanyaanyang diberikan dapat terjangkau oleh siswa, sehingga siswa lebih mudah memahami masalah-masalah yangdiberikan.Kata-kata kunci: Pendekatan RME, Kemampuan Berpikir Kritis dan model 4-D.