IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PKN DALAM KEHIDUPAN BERSOSIALISASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PEUNAGA CUT UJONG
Main Authors: | Nurjannah, Nurjannah, Muslia, Nina |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
, 2019
|
Online Access: |
http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/292 http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/292/247 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi pembelajaran PKn dalam kehidupan bersosialisasi pada siswa kelas IV SD Negeri Peunaga Cut Ujong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sampel yang di amati adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Peunaga Cut Ujong yang berjumlah 18 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, tes tulis, angket dan dokumentasi. Parameter yang digunakan adalah aktifitas perilaku siswa, yang meliputi cerminan, nilai-nilai pembelajaran PKn yang diperoleh dan diimplementasikan dalam kehidupan bersosialisasi pada siswa kelas IV SD Negeri Peunaga Cut Ujong baik didalam kelas maupun di luar kelas sudah terlaksana dengan baik, dikarenakan pembelajaran yang mampu memberi nilai-nilai PKn secara langsung dalam lingkungan siswa itu sendiri sehingga siswa tersebut dapat berinteraksi satu sama lain dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil angket terhadap butir-butir pertanyaan dalam angket yang menunjukkan persentase siswa yang menjawab setuju dan sangat setuju. Hasil pengamatan terhadap guru dalam proses belajar mengajar pada SD Negeri Peunaga Cut Ujong, diketahui bahwa rata-rata hasil pengamatan sebanyak 2,8%. Karena hampir semua aspek guru yang diamati mendapat skor sangat baik dan baik dan dapat dinyatakan bahwa dalam proses belajar mengajar, guru sudah melaksanakannya dengan baik dan maksimal. Dan dalam pembelajaran PKn tersebut membuat siswa mendapatkan predikat dan penilaian yang baik dimana terdapat 16 siswa yang tuntas dari 18 siswa atau 88,88%, sedangkan siswa yang tidak tuntas hanya 2 orang atau 11,11% .