PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW

Main Author: Pratiwi, Indah
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2018
Online Access: http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/217
http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/217/203
Daftar Isi:
  • Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPA di kelas V. Penelitian ini dilakukan di SD yang berjumlah 21 orang siswa. Penelitian ini sangatlah diperlukan dalam menerapkan pendekatan kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPA. Data yang diperoleh meliputi, test dan lembar observasi. Penelitian tindakan kelas ini terdiri, dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi, berdasarkan hasil penelitian siswa diberikan test sebanyak 10 soal. Dari hasil tes awal dapat dilihat bahwa kemampuan siswa dalam menguasai materi IPA masih rendah, dengan nilai rata-rata mencapai 43,3. Dari 21 siswa terdapat (28,6%) atau 6 orang siswa yang mendapat hasil belajar tuntas dan (66,7%) atau 14 orang siswa masuk dalam kategori tidak tuntas atau tidak berhasil pada pokok bahasan IPA. Dari hasil penelitian siklus I dapat dilihat bahwa kemampuan siswa dalam menguasai materi IPA masih rendah, dengan nilai rata-rata mencapai 62,9. Dari 21 siswa terdapat (57,1%%) atau 12 orang siswa yang mendapat hasil belajar tuntas dan (42,7%) atau 9 orang siswa masuk dalam kategori tidak tuntas atau tidak berhasil pada pokok bahasan IPA. Walaupun terjadi peningkatan penilaian pada siklus I akan tetapi masih diperlukan perbaikan tindakan pada siklus II, disebabkan hasil belajar siswa dibawah KKM 70. Dari hasil penelitian siklus II dapat dilihat bahwa kemampuan siswa dalam menguasai materi IPA sudah mengalami peningkatan yang lebih baik, dengan nilai rata-rata mencapai 71,9. Dari 21 siswa terdapat (71,4%) atau 15 orang siswa yang mendapat hasil belajar tuntas dan (28,6%) atau 6 orang siswa masuk dalam kategori tidak tuntas atau tidak berhasil pada pokok bahasan IPA. Terjadi peningkatan penilaian pada siklus II di atas nilai KKM 70. Kata Kunci : Pendekatan Kooperatif, Model Pembelajaran Jigsaw, Hasil Belajar IPA