PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI LANGUNG KABUPATEN ACEH BARAT
Main Author: | Kistian, Agus |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
, 2018
|
Online Access: |
http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/206 http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/206/193 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar Matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan Control Group Pre-test and Post-test Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Langung. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik total sampling semua populasi dijadikan sebagai sampel. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar yang terdiri dari 10 soal uraian. Analisis data diambil dari hasil pretest dan posttest siswa. Selanjutnya dilakukan analisis data uji normalitas, homogenitas dan dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada peningkatan hasil belajar siswa diperoleh bahwa thitung 3,43 > t tabel 1,67, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan pada ranah kognitif siswa antara model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar ranah kognitif. Kata Kunci : Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil Belajar, Matematika