PENERAPAN MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP KEAKTIFAN PADA MATERI HUBUNGAN ANTARA SUMBER DAYA ALAM DENGAN LINGKUNGAN SISWA KELAS IV SD NEGERI PASI TEUNGOH KECAMATAN KAWAY XVI

Main Authors: Wirdaningsih, Wirdaningsih, Mardhatillah, Mardhatillah
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Bina Gogik , 2016
Online Access: http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/154
http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/154/142
Daftar Isi:
  • ABSTRAK : penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: Bagaimana penerapan media audio-visual terhadap keaktifan pada materi hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan siswa kelas IV SD Negeri Pasi Teungoh. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan media audio-visual terhadap keaktifan pada materi hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan siswa kelas IV SD Negeri Pasi Teungoh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini Pendekatan Tindakan Kelas (PTK), Subjek dalam penelitian berjumlah sebanyak 12 orang yang terdiri dari laki-laki 2 dan 10 orang perempuan, dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Pasi Teungoh Kecamatan Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat. Waktu penelitian pada bulan Agustus 2017. Teknik pengumpulan datanya seperti: observasi, tes. Instrumen seperti: RPP, lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis data adalah data peningkatan belajar dan ketuntasan belajar siswa. Kesimpulan dari pembahasan ini adalah data hasil belajar siswa terhadap keaktifan yang lulus nilai KKM sebesar 58,34% dimulai dari siklus I dilanjutkan lagi siklus II hasilnya meningkat lagi kelulusan nilai KKM sebesar 100%. Kata kunci: Penerapan, Media Audio-Visual, Keaktifan