PENERAPAN METODE TANYA JAWAB UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA PELAJARAN PKn MATERI MENGENAL ATURAN- ATURAN YANG BERLAKU DILINGKUNGAN MASYARAKAT SEKITAR KELAS II PADA SD NEGERI PEUREUMEU ACEH BARAT

Main Author: ., Nurliana; Sekolah Dasar Negeri Peureume Kaway XVI Aceh Barat
Format: Article application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: STKIP BINA BANGSA MEULABOH , 2015
Online Access: http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/120
Daftar Isi:
  • Abstrak Pembelajaran PkN pada siswa kelas 2 SDN Peureume belum mencapai nilai ketuntasan maksimal. Hal ini disebabkan proses pembelajaran yang masih bersifat konvensional yang dilaksanakan guru. Penerapan metode tanya jawab diharapkan dapat meningkatkan hasil ketuntasan siswa. Penelitian ini bersifat PTK. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus. Dari hasil yang diperoleh terdapat adanya peningkatan hasil ketuntasan. Terdapat peningkatan prestasi belajar siswa SD Negeri Pereumeu Kabupaten aceh barat. dalam mempelajari materi mengenal aturan-aturan yang berlaku dilingkungan masyarakat sekitar. menggunakan Metode tanya jawab dengan nilai rata-rata kelas pra siklus sebesar 60 siklus I sebesar 67 , dan siklus II sebesar 70. Aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dengan Metode tanya jawab pada materi mengenal aturan-aturan yang berlaku dilingkungan masyarakat terdapat peningkatan di atas rata-rata pada siklus sebesar siklus I. 4,02 (80,46%), siklus II 4,49 (89,77%). Kata kunci: Metode tanya jawab, prestasi belajar, PKn