PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE STAD MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA IPA KELAS V PADA MATERI SUSUNAN BUMI DI SDN PONDOK GEULUMBANG

Main Author: ., Jumadi; STKIP Bina Bangsa Meulaboh
Format: Article application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: STKIP BINA BANGSA MEULABOH , 2015
Online Access: http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/111
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk ;1) Mendeskripsikan hasil belajar IPA siswa yang mengikuti pelajaran konvensional ; 2) Mendeskripsikan hasil belajar IPA siswa yang mengikuti pembelajaran ; 3) Mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang belajar dengan model kooperatif Tipe STAD mengunakan media animasi dan kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD di Pondok Geulumbang Kecamatan Mereubo Kabupaten Aceh Barat Tahun pembelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V SDN Pondok Geulumbang berjumblah 30 orang. Instrumen pada penelitian ini yaitu tes hasil belajar IPA. Data di analisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uj-t independent). Hasil analisis menunjukan bahwa perbedaan rata-rata sektor hasil belajar IPA antara kelompok eksperimen dan kontrol yaitu = 21,11 = 17,35. Dengan mengunakan uji-t diperoleh hasil = 4,302 = 2,021. Dengan demikian, dapat di simpulkan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA siswa yang belajar dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan siswa yang belajar dengan model konvensional. Kata kunci : Student Achievement Divisions (STAD), media animasi, hasil belajar.