Model Pembelajaran Outbound Untuk Anak Usia Dini
Main Author: | Rocmah, Luluk Iffatur |
---|---|
Other Authors: | Universitas Muhammadiyah Sidoarjo |
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ojs.umsida.ac.id/index.php/pedagogia/article/view/40 http://ojs.umsida.ac.id/index.php/pedagogia/article/view/40/46 |
Daftar Isi:
- Anak usia dini adalah sosok individu yang sedang menjalanisuatu proses perkembangan dengan sangat pesat dan sangat fundamental bagi kehidupan selanjutnya. Maka pembelajaran yang diberikan kepada anak usia dini bukan berorientasi pada sisi akademis saja melainkan menitikberatkan kepada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik, bahasa, intelektual, sosial-emosi serta seluruh kecerdasan. Oleh karena itu, salah satu model pembelajaran alternatif yang dapat diterapkan pada anak usia dini adalah pendidikan luar ruang (outbound education). Outbound merupakan suatu program pembelajaran di alam terbuka yang berdasarkan pada prinsip experiential learning (belajar melalui pengalaman langsung) yang disajikan dalam bentuk permainan, simulasi, diskusi dan petualangan sebagai media penyampaian materi.