Pendekatan Problem Based Learning untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa

Main Author: Zamzam, Kenys Fadhilah
Other Authors: IKIP Budi Utomo Malang Kampus C
Format: Article info Pendekatan Kualitatif application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Sidoarjo , 2016
Subjects:
Online Access: http://ojs.umsida.ac.id/index.php/pedagogia/article/view/261
http://ojs.umsida.ac.id/index.php/pedagogia/article/view/261/241
Daftar Isi:
  • Salah satu upaya meningkatkan kualitas sumber daya perguruan tinggi adalah mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Hal ini mendorong peneliti untuk menerapkan pendekatan problem based learning sebagai upaya mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa khususnya mahasiswa Pendidikan Matematika IKIP Budi Utomo Malang pada mata kuliah Geometri. Salah satu keunggulan dari pendekatan problem based learning adalah pendekatan ini berorientasi pada kecakapan siswa memproses informasi. Pemrosesan informasi ini mengacu pada cara siswa berinteraksi dengan lingkungannya, melihat masalah, mengembangkan konsep, dan memecahkan masalah tersebut. Dengan demikian kemampuan berpikir kritis dapat berkembang karena dalam penelitian ini kemampuan berpikir kritis yang diamati mencangkup kemampuan mengidentifikasi masalah, menganalisis masalah, memecahkan masalah, dan menarik kesimpulan dengan tepat.