Peningkatan Kemampuan Listening Comprehension Melalui Stategi Top-Down dan Bottom-Up
Main Author: | Mandarani, Vidya |
---|---|
Other Authors: | Universitas Muhammadiyah Sidoarjo |
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ojs.umsida.ac.id/index.php/pedagogia/article/view/250 http://ojs.umsida.ac.id/index.php/pedagogia/article/view/250/232 |
Daftar Isi:
- Pemahaman listening masih menjadi masalah besar bagi pebelajar Bahasa Inggris, sehingga strategi Top-Down dan Bottom-Up merupakan salah satu strategi yang dapat membantu dalam memahami dan mengerti Listening Comprehension. Top-Down processing mengacu pada penggunaan skemata atau pengetahuan pebelajar untuk memahami informasi yang diterima, sedangkan Bottom-Up processing mengacu pada proses pemahaman informasi melalui analisis bunyi, arti kata, maupun tata bahasa. Dalam penerapannya, strategi Top-Down dan Bottom-Up di dalam kegiatan Pre-listening, While-listening dan Post-listening. Di dalam kegiatan Pre-listening kegiatan yang dibangun adalah pebelajar dapat menghubungkan konteks dari apa yang didengar dengan latar belakang pengetahuan yang dimiliki. Di dalam kegiatan While-listening, pebelajar memprediksi apa yang penting dan yang tidak penting untuk diperhatikan untuk mendorong siswa memahami apa yang mereka dengar. Di dalam kegiatan post-listening, pebelajar didorong untuk menanggapi apa yang mereka dengar. Keseluruhan kegiatan pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dalam Listening Comprehension di kelas.