PEMETAAN SARANA PRASARANA SD NEGRI DI KECAMATAN SUKOHARJO BERDASARKAN PERMENDIKNAS NOMOR 24 TAHUN 2007
Main Authors: | Rahman, MS Khabibur; FKIP Pendidikan Geografi, Universitas Veteran Bangun Nusantara, Rohsulina, Pranichayudha |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Pendidikan Geografi FKIP-UMP
, 2015
|
Online Access: |
http://geoedukasi.ump.ac.id/index.php/geoedukasi/article/view/118 http://geoedukasi.ump.ac.id/index.php/geoedukasi/article/view/118/99 |
Daftar Isi:
- Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan bagi manusia yang sangat penting. Salah satu faktor penentu keberhasilan adalah sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sekolah sesuai dengan peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 tahun 2007. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persebaran dan kecukupan sarana dan prasarana Sekolah Dasar Negeri yang ada di Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo pada Tahun 2014.Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan metode penelitian dengan cara melakukan pemetaan kelengkapan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh masing-masing sekolah dasar negeri, dengan cara melakukan ploting lokasi sekolah yang dilengkapi dengan data atribut sarana dan prasarana yang dimiliki. Setelah semua data atribut yang diperlukan terkumpul, lalu data hasil ploting dan data atribut diolah menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG) sehingga menghasilkan peta kelengkapan sarana dan prasarana Sekolah Dasar Negeri yang ada di Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo Tahun 2014.Berdasarkan hasil analisis peta diketahui bahwa persebaran Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Sukoharjo cukup merata dengan jumlah 2-5 sekolah setiap kelurahan. Terdapat 7 Sekolah Dasar Negeri yang memiliki sarana prasarana lengkap atau hanya 15,9% dari total 44 Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Sukoharjo. Selanjutnya terdapat 6 sekolah dengan kategori sangat tinggi atau 13,6% yang memiliki standar sarana dan prasarana yang disyaratan dalam PERMENDIKNAS No 24 Tahun 2007.