PERANCANGAN GAME EDUKASI PENGENALAN VITAMIN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN MODEL ADDIE DAN WATERFALL
Main Author: | MUHAMMAD EKO BAGUS PERMADI |
---|---|
Format: | Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
ITATS
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://library.itats.ac.id//index.php?p=show_detail&id=27466 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Vitamin sangat bermanfaat bagi tubuh manusia dan berfungsi untuk membantu proses metabolisme dalam tubuh. Sumber vitamin berasal dari asupan makanan,seperti buah dan sayuran. Namun pada umumnya, tingkat konsumsi masyarakat Indonesia akan buah dan sayuran ini justru rendah kemudian memicu masalah baru,kekurangan gizi bagi anak-anak. Buah dan sayur sangat penting untuk dikonsums iterutama bagi anak usia sekolah dasar. Memberi pembelajaran pada anak sekolahdasar mengenai pentingnya asupan sumber vitamin pada buah dan sayuran sangatpenting. Oleh karena itu, perlu adanya perancangan game tentang pengenalanvitamin. karena game sangat digemari oleh anak-anak. Game tersebut bernama game vitducation berbasis mobile. game viducation ini merupakan gamepembelajaran dengan menggunakan model ADDIE sebagai perancangan materi,dan perancangan aplikasi menggunakan waterfall model. Didapatkan hasil daripenelitian ini dengan cara melakukan pengujian terhadap 5 guru dan 26 murid, hasilpengujian terhadap murid didapatkan Usability 72 % yang berarti layak untukdigunakan, Information Quality 75 % yang berarti informasi yang diberikan baik,serta Interaction Quality 82 % yang berarti kualitas interaksi sangat baik. Untuk hasil pengujian guru didapatkan Usability 77 % yang berarti layak untuk digunakan,Information Quality 78 % yang berarti informasi yang diberikan baik, sertaInteraction Quality 76 % yang berarti kualitas interaksi baik. Kata Kunci : ADDIE , Game Edukasi, Vitamin, waterfall.
- -