SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PELANGGAN KORPORASI TIDAK BERPOTENSI MENGGUNAKAN METODE PROMETHEE (PREFERENCE RANKING ORGANIZATION METHOD FOR ENRICHMENT EVALUATION)

Main Author: MARIA EKA JANUARY PRATIWI
Format: Book
Bahasa: ind
Terbitan: ITATS , 2018
Subjects:
Online Access: http://library.itats.ac.id//index.php?p=show_detail&id=27317
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Pelanggan merupakan salah satu tolak ukur penting dalam sebuahperkembangan perusahaan. Setiap perusahaan memiliki target tertentu dalampenjualan produknya, dan hal itu dapat diwujudkan berdasarkan kualitaspelanggannya. Kualitas pelanggan pada umumnya dapat dinilai dari transaksiyang dilakukan. Maka dari itu, banyak perusahaan yang memberikan reward danistilah khusus bagi pelanggan yang setia menggunakan barang atau jasa dariperusahaan tersebut. Agar perusahaan mampu memperoleh omset yang stabil ataubahkan meningkat, perusahaan harus mampu menentukan pelanggan mana yangmemang dianggap berpotensi atau tidak dalam mendukung peningkatan tersebut.Sehingga diperlukan sebuah sistem yang mampu menampilkan rangking darikualitas setiap pelanggan yang melakukan transaksi. Untuk membantu perusahaanmenentukan kualitas pelanggan tersebut, dalam hal ini digunakan sistempendukung keputusan (SPK) dengan metode yang digunakan adalah metodePROMETHEE (Preference Rangking Organization Methods For EnrichmentEvaluation). Metode berikut merupakan suatu bentuk metode perangkinganpelanggan yang tidak berpotensi yang dihitung berdasarkan kriteria dari setiappelanggan. Kriteria yang digunakan adalah transaksi, resi, dan pengiriman sukses.Melalui percobaan perhitungan menggunakan 30 data uji, program mampumenampilkan hasil akurasi 100% dalam perangkingan pelanggan sesuai dengankebutuhan perusahaan. Hal ini membuktikan bahwa dengan adanya sistempendukung keputusan menggunakan metode PROMETHEE ini, perusahaan akanlebih mudah dalam menentukan pelanggan yang tidak berpotensi dalampencapaian target. Kata Kunci : Pelanggan, Perangkingan, Sistem Pendukung Keputusan, PROMETHEE (Preference Rangking Organization MethodsFor Enrichment Evaluation).
  • -