REDESAIN KURSI RODA UNTUK ANAK PENYANDANG CEREBRAL PALSY SPASTIK DIPLEGIA
Main Author: | FITRI NAVYTA RAHMAWATI |
---|---|
Format: | Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
ITATS
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://library.itats.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26960 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Cerebral palsy spastik diplegia adalah gangguan adanya kerusakan areayang berfungsi untuk menghaluskan gerakan area kaki, sehingga kerusakanpada area ini menyebabkan kekakuan, nyeri, dan kesulitan kaki saatdigerakkan untuk berjalan, sehingga mempengaruhi untuk pergerakan secaranormal. Penyandang cerebral palsy spastik diplegia biasanya menggunakankursi roda sebagai sarana alat bantu utama untuk membantunya dalamberaktifitas, terutama pada saat belajar di sekolah. Permasalahan yang seringterjadi dalam lingkungan sekolah yaitu kebutuhan kursi roda dalam prosespembelajaran yang kurang sesuai dengan postur tubuh masing-masing setiapanak, sedangkan kursi roda di YPAC kebanyakan menggunakan kursi rodabiasa pada umumnya, sehingga kurang membantu dalam proses belajar. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian pendekatankualitatif deskriptif. Peneliti mengambil studi kasus di YPAC Surabaya. Penelitimembuat sebuah redesain kursi roda untuk anak cerebral palsy spastikdiplegia, yang dimana dapat membantu anak cerebral palsy dalammenyesuaikan kebutuhan saat belajar di sekolah. Kata kunci : Anak, Disabilitas, dan Kursi Roda
- -