INTEGRASI SERQUEL DAN QFD UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN TRANSPORTASI UMUM TAKSI SILVER

Main Author: M.HAYDAR RAMADHANI
Format: Book
Bahasa: ind
Terbitan: ITATS , 2017
Subjects:
Online Access: http://library.itats.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26372
Daftar Isi:
  • ABSTRAK PT Para Bathara Surya (Taksi Silver) sebagai salah satu perusahaan transportasiterbesar di Surabaya, tentunya harus senantiasa memberikan pelayanan yangterbaik kepada konsumen di tengah persaingan yang ketat dalam industri jasatransportasi. Sehubungan dengan maksud tersebut, dalam usaha menghasilkanjasa yang dapat memuaskan konsumen jasa transportasi umun dari Taksi silverSurabaya, maka perlu dilakukan penelitian tentang kepuasan pelanggan secaraberkala dan berkesinambungan. Penelitian ini menggunakan integrasi metodeService Quality (Servqual) dan Quality Function Deployment (QFD). Hasilintegrasi tersebut digunakan untuk mengetahui prioritas keluhan, menentukantarget rencana perbaikan dan memberikan solusi agar target dapat tercapaiberdasarkan raw weight. Berdasarkan hasil perhitungan dengan Servqualdidapatkan 33 atribut yang bernilai negatif. Untuk prioritas keluhan dari Voice ofCustomer yang diperoleh adalah yang pertama ketepatan waktu datang, keduakemampuan pengemudi dalam menjamin keselamatan penumpang, dan ketigapelayanan yang baik dari pengemudi (ramah, sopan, peduli). Sedangkan untukrekomendasi perbaikan berdasarkan nilai kontribusi terbesar yaitu yang pertamaperusahaan memberikan pelatihan kepada para pengemudi secara berkala untukmeningkatkan kualitas kerja, kedua kecepatan dan ketepatan waktu perjalanan,dan ketiga menjamin keamanan dan keselamatan penumpang.Kata kunci : Taksi silver, Service Quality, Quality Function Deployment, Prioritas Keluhan, Rencana Perbaikan.
  • -