Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini

Main Authors: Mundia Sari, Kiki, Setiawan, Heru
Other Authors: Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai , 2020
Subjects:
Online Access: https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/478
https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/478/pdf
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kompetensi pedagogik guru PAUD dalam melaksanakan penilaian pembelajaran anak usia dini di TK al-Muttaqin Sungai Duren. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian, yaitu: 1) kompetensi pedagogik guru PAUD di TK al-Muttaqin Sungai Duren belum mampu melaksanakan penilaian pembelajaran anak usia dini sesuai dengan prinsip-prinsip penilaian; 2) kompetensi pedagogik guru PAUD di TK al-Muttaqin Sungai Duren belum mampu merancang kegiatan pembelajaran dalam bentuk Rencana Program Pembelajaran; 3) penilaian pembelajaran di TK al-Muttaqin Sungai Duren belum terlaksana dengan baik sesuai dengan prosedur penilaian; dan 4) guru PAUD di TK al-Muttaqin Sungai Duren dalam melaksanakan penilaian pembelajaran tidak menggunakan instrumen penilaian. Adapun kesimpulannya adalah kompetensi pedagogik guru PAUD di TK al-Muttaqin Sungai Duren belum mampu melaksanakan penilaian pembelajaran anak usia dini sesuai dengan prinsip-prinsip penilaian.