Tes Diagnostik Four Tier untuk identifikasi pemahaman dan miskonsepsi siswa pada materi gerak melingkar beraturan
Main Authors: | Annisa, Rizki, Astuti, Budi, Mindyarto, Budi Naini |
---|---|
Other Authors: | Budi Setiono, Viga Karina, Dini Ayu Istighfara, SMA Negeri 08 Semarang, Physics Teacher |
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
UNIVERISTAS PGRI MADIUN
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPFK/article/view/3546 http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPFK/article/view/3546/pdf http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPFK/article/downloadSuppFile/3546/319 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi pemahaman konsep siswa dan miskonsepsi siswa pada materi gerak melingkar beraturan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di SMA negeri 8 semarang. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan tes. Tes yang digunakan adalah tes diagnostik pilihan ganda four-tier. Hasil analisis uji validasi secara keseluruhan aspek persentasenya adalah 80.2% dengan kategori layak digunakan sebagai tes diagnostik pada materi gerak melingkar beraturan. Tes diagnostik four tier dapat digunakan untuk mendeteksi pemahaman konsep siswa dan miskonsepsi siswa. Siswa kelas XI di SMA Negeri 8 Semarang teridentifikasi mengalami miskonsepsi pada materi gerak melingkar beraturan dan perlu ditingkatkan pemahamannya.