Pengembangan model pembelajaran sains kontekstual untuk peserta didik difabel netra
Main Author: | Winarti, W |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
UNIVERISTAS PGRI MADIUN
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPFK/article/view/2698 http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPFK/article/view/2698/pdf |
ctrlnum |
article-2698 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Pengembangan model pembelajaran sains kontekstual untuk peserta didik difabel netra</title><creator>Winarti, W</creator><subject lang="en-US"/><subject lang="en-US">Pembelajaran Sains Kontekstual; Difabel Netra; Art of Contextual Learning for Disability (A-CLeD)</subject><description lang="en-US">Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah model pembelajaran sains berbasis kontekstual untuk peserta didik difabel netra dalam setting sekolah inklusi. Model yang dikembangkan ini menjadi sangat penting untuk memfasilitasi kelamahan pembelajaran fisika selama ini untuk peserta didik difabel netra. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada langkah pengembangan dari Borg &amp; Gall. Dari sepuluh langkah penelitian pengembangan Borg &amp; Gall, pada penelitian ini dibatasi pada tahap validasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa telah berhasil dikembangkan model pembelajaran sains kontekstual untuk peserta didik difabel netra dengan nama Model pembelajaran Art of Contextual Learning for Disability (A-CLeD).  Model A-CLeD ini memiliki sintak yaitu; (1) Orientasi, (2) Korelasi, (3) Transformasi, (4) Mediasi dan (5) Refleksi.  Hasil validasi isi (content validity) terhadap model ini menunjukkan kesimpulan bahwa model ini berkategori baik dan dapat digunakan dalam pembelajaran fisika untuk peserta didik difabel netra.</description><publisher lang="en-US">UNIVERISTAS PGRI MADIUN</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2018-09-28</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPFK/article/view/2698</identifier><identifier>10.25273/jpfk.v4i2.2698</identifier><source lang="en-US">Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK); Vol 4, No 2 (2018); 89-97</source><source>2442-904X</source><source>2442-8868</source><language>eng</language><relation>http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPFK/article/view/2698/pdf</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK)</rights><rights lang="en-US">http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0</rights><recordID>article-2698</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion Other File:application/pdf File Journal:eJournal |
author |
Winarti, W |
title |
Pengembangan model pembelajaran sains kontekstual untuk peserta didik difabel netra |
publisher |
UNIVERISTAS PGRI MADIUN |
publishDate |
2018 |
topic |
Pembelajaran Sains Kontekstual Difabel Netra Art of Contextual Learning for Disability (A-CLeD) |
url |
http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPFK/article/view/2698 http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPFK/article/view/2698/pdf |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah model pembelajaran sains berbasis kontekstual untuk peserta didik difabel netra dalam setting sekolah inklusi. Model yang dikembangkan ini menjadi sangat penting untuk memfasilitasi kelamahan pembelajaran fisika selama ini untuk peserta didik difabel netra. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada langkah pengembangan dari Borg & Gall. Dari sepuluh langkah penelitian pengembangan Borg & Gall, pada penelitian ini dibatasi pada tahap validasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa telah berhasil dikembangkan model pembelajaran sains kontekstual untuk peserta didik difabel netra dengan nama Model pembelajaran Art of Contextual Learning for Disability (A-CLeD). Model A-CLeD ini memiliki sintak yaitu; (1) Orientasi, (2) Korelasi, (3) Transformasi, (4) Mediasi dan (5) Refleksi. Hasil validasi isi (content validity) terhadap model ini menunjukkan kesimpulan bahwa model ini berkategori baik dan dapat digunakan dalam pembelajaran fisika untuk peserta didik difabel netra. |
id |
IOS4308.article-2698 |
institution |
Universitas PGRI Madiun |
institution_id |
1147 |
institution_type |
library:university library |
library |
Pusat Pengembangan Publikasi Ilmiah (P3I) |
library_id |
1006 |
collection |
Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK) |
repository_id |
4308 |
subject_area |
Pendidikan Fisika Physics/Fisika Applied Physics/Fisika Terapan Philosophy of Physics/Filsafat Fisika |
city |
KOTA MADIUN |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4308 |
first_indexed |
2019-05-07T06:52:08Z |
last_indexed |
2019-05-07T06:52:08Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686109397615378432 |
score |
17.538404 |