Pengembangan model pembelajaran sains kontekstual untuk peserta didik difabel netra

Main Author: Winarti, W
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: UNIVERISTAS PGRI MADIUN , 2018
Subjects:
Online Access: http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPFK/article/view/2698
http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPFK/article/view/2698/pdf
ctrlnum article-2698
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Pengembangan model pembelajaran sains kontekstual untuk peserta didik difabel netra</title><creator>Winarti, W</creator><subject lang="en-US"/><subject lang="en-US">Pembelajaran Sains Kontekstual; Difabel Netra; Art of Contextual Learning for Disability (A-CLeD)</subject><description lang="en-US">Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah model pembelajaran sains berbasis kontekstual untuk peserta didik difabel netra dalam setting sekolah inklusi. Model yang dikembangkan ini menjadi sangat penting untuk memfasilitasi kelamahan pembelajaran fisika selama ini untuk peserta didik difabel netra. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada langkah pengembangan dari Borg &amp;amp; Gall. Dari sepuluh langkah penelitian pengembangan Borg &amp;amp; Gall, pada penelitian ini dibatasi pada tahap validasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa telah berhasil dikembangkan model pembelajaran sains kontekstual untuk peserta didik difabel netra dengan nama Model pembelajaran Art of Contextual Learning for Disability (A-CLeD).&#xA0; Model A-CLeD ini memiliki sintak yaitu; (1) Orientasi, (2) Korelasi, (3) Transformasi, (4) Mediasi dan (5) Refleksi.&#xA0; Hasil validasi isi (content validity) terhadap model ini menunjukkan kesimpulan bahwa model ini berkategori baik dan dapat digunakan dalam pembelajaran fisika untuk peserta didik difabel netra.</description><publisher lang="en-US">UNIVERISTAS PGRI MADIUN</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2018-09-28</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPFK/article/view/2698</identifier><identifier>10.25273/jpfk.v4i2.2698</identifier><source lang="en-US">Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK); Vol 4, No 2 (2018); 89-97</source><source>2442-904X</source><source>2442-8868</source><language>eng</language><relation>http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPFK/article/view/2698/pdf</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK)</rights><rights lang="en-US">http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0</rights><recordID>article-2698</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Journal:eJournal
author Winarti, W
title Pengembangan model pembelajaran sains kontekstual untuk peserta didik difabel netra
publisher UNIVERISTAS PGRI MADIUN
publishDate 2018
topic Pembelajaran Sains Kontekstual
Difabel Netra
Art of Contextual Learning for Disability (A-CLeD)
url http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPFK/article/view/2698
http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPFK/article/view/2698/pdf
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah model pembelajaran sains berbasis kontekstual untuk peserta didik difabel netra dalam setting sekolah inklusi. Model yang dikembangkan ini menjadi sangat penting untuk memfasilitasi kelamahan pembelajaran fisika selama ini untuk peserta didik difabel netra. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada langkah pengembangan dari Borg &amp; Gall. Dari sepuluh langkah penelitian pengembangan Borg &amp; Gall, pada penelitian ini dibatasi pada tahap validasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa telah berhasil dikembangkan model pembelajaran sains kontekstual untuk peserta didik difabel netra dengan nama Model pembelajaran Art of Contextual Learning for Disability (A-CLeD). Model A-CLeD ini memiliki sintak yaitu; (1) Orientasi, (2) Korelasi, (3) Transformasi, (4) Mediasi dan (5) Refleksi. Hasil validasi isi (content validity) terhadap model ini menunjukkan kesimpulan bahwa model ini berkategori baik dan dapat digunakan dalam pembelajaran fisika untuk peserta didik difabel netra.
id IOS4308.article-2698
institution Universitas PGRI Madiun
institution_id 1147
institution_type library:university
library
library Pusat Pengembangan Publikasi Ilmiah (P3I)
library_id 1006
collection Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK)
repository_id 4308
subject_area Pendidikan Fisika
Physics/Fisika
Applied Physics/Fisika Terapan
Philosophy of Physics/Filsafat Fisika
city KOTA MADIUN
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4308
first_indexed 2019-05-07T06:52:08Z
last_indexed 2019-05-07T06:52:08Z
recordtype dc
_version_ 1686109397615378432
score 17.538404