Penerapan model REACT untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi arus listrik

Main Authors: Siradjuddin, S, Rosdianto, Haris, Sulistri, Emi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: UNIVERISTAS PGRI MADIUN , 2018
Subjects:
Online Access: http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPFK/article/view/2011
http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPFK/article/view/2011/pdf
http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPFK/article/downloadSuppFile/2011/133
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa setelah diterapkan model pembelajaran REACT. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan bentuk pre-eksperimen design dengan desain penelitian one group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI dari salah satu SMKN di Kota Singkawang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 12 siswa dengan teknik pengambilan sampel berupa teknik purposive sampling. Peningkatan KPS diukur dengan menggunakan alat ukur tes berupa 8 soal pilihan ganda beralasan tentang KPS. Dari analisis dengan menggunakan N-gain, diperoleh peningkatan KPS sebesar 0,37 dengan kategori sedang.