PERSEPSI PESERTA JKN-BPJS TERHADAP MOTIVASI DALAM PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI PUSKESMAS TEMANGGUNG
Main Author: | YAYUK FATHONAH |
---|---|
Format: | Bachelors Thesis |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
PRODI DIV JURUSAN KEPERAWATAN GIGI SEMARANG
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.poltekkes-smg.ac.id//index.php?p=show_detail&id=21251 http://repository.poltekkes-smg.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/COVER.jpg.jpg |
Daftar Isi:
- Upaya pemerintah untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat diwujudkan dalam program jaminan kesehatan nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh BPJS. Kepesertaan BPJS bersifat wajib namun pemanfaatan dibidang kesehatan gigi dan mulut relatif rendah. Pemanfaatan pelayanan kesehatan salah satunya dipengaruhi oleh persepsi seseorang. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan persepsi peserta JKN-BPJS terhadap motivasi dalam pemanfaatan pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Puskesmas Temanggung.Jenis penelitian yang digunakan adalah survei analitik menggunakan kuisioner dengan rancangan cross sectional. Sampel penelitian ini berjumlah 96 sampel dan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria peserta JKN-BPJS terdaftar di faskes Puskesmas Temanggung berumur 17-55 tahun. Analisis data dilakukan dengan analisis univariat dan bivariat yaitu uji Rank Spearman untuk mengetahui hubungan antara variabel pengaruh dan variabel terpengaruh.Hasil uji statistik Rank Spearman didapatkan nilai signifikansi antara variabel persepsi dan variabel motivasi dengan p-value = 0,000 (p-value < 0,005), artinya terdapat hubungan antara persepsi peserta JKN-BPJS terhadap motivasi dalam pemanfaatan pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Puskesmas Temanggung.Diharapkan instansi terkait melakukan upaya pemahaman persepsi peserta JKN-BPJS dan peningkatan motivasi masyarakat untuk periksa gigi melalui sosialisasi tentang cakupan pelayanan BPJS di bidang kesehatan gigi dan mulut.
- xiii + 129 hlm.; Bibl.; Ilus.; 29 cm