METODE ROUGH SET UNTUK MENGANALISA PROBLEMATIKA GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER

Main Author: Yulianti, Wita
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: LPPM Universitas Abdurrab , 2016
Online Access: http://jurnal.univrab.ac.id/index.php/rabit/article/view/16
http://jurnal.univrab.ac.id/index.php/rabit/article/view/16/8
Daftar Isi:
  • Perkembangan teknologi informasi berbagai bentuk, salah satunya dalam bidang Artificial Intellegence berupa data mining. Data mining adalah proses yang mempekerjakan satu atau lebih teknik pembelajaran komputer (mechine learning) untuk menganalisis data dan mengekstraksi pengetahuan (knowledge) secara otomatis. Data mining digunakan untuk menganalisa problem guru dalam menggunakan media pembelajaran berbasis komputer. Untuk mengetahui problem guru dalam menggunakan media pembelajaran berbasis komputer, maka penelitian ini menggunakan perhitungan dalam bentuk data mining dengan metode rough set. Menerapkan data mining rough set untuk menggali pengetahuan, yang merupakan sumber informasi dalam pengambilan keputusan. Dengan metode roughset ini permasalahan yang terjadi pada guru dapat teratasi dalam menggunakan media pembelajaran berbasis komputer. Setiap sekolah dapat mengetahui perkembangan gurunya dalam menggunakan media pembelajaran yang teknologi komputer.
  • The development of various forms of information technology, one of them in the field of Artificial Intelligence in the form of data mining. Data mining is a process that employs one or more computer learning techniques (a machine learning) to analyze data and extract knowledge (knowledge) automatically. Data mining is used to analyze the problems of teachers in the use of computer-based learning media. To find out the problem of teachers in the use of computer-based learning media, this study used the calculations in the form of data mining by the method of rough set. Applying data mining rough set to explore the knowledge, which is a source of information in decision making. With this method rough set problems that occurred in the teacher can be overcome in the use of computer-based learning media. Each school can determine the development of teachers in the use of learning media computer technology.