PERBEDAAN REGULASI EMOSI PEREMPUAN DAN LAKI-LAKI DI PERGURUAN TINGGI
Main Authors: | Shinantya Ratnasari; Fakultas Psikologi, Universitas Indonesia, Depok, Julia Suleeman; Fakultas Psikologi, Universitas Indonesia, Depok |
---|---|
Format: | Article application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Indonesia
, 2017
|
Online Access: |
http://journal.ui.ac.id/index.php/jps/article/view/7336 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan dalam regulasi emosi antara perempuan dan laki-laki yang menjalani pendidikan di perguruan tinggi. Dengan landasan teori dari Gross (1998, 1999, 2002) dipahami bahwa regulasi emosi memiliki dua dimensi, yaitu cognitive reappraissal dan expresive suppression. Cognitive reappraisal adalah bentuk perubahan kognitif yang melibatkan situasi inti emosi yang potensial sehingga mengubah pengaruh emosional. Sedangkan expresive suppression adalah bentuk pengungkapan respon yang memperlambat perilaku mengekspresikan emosi yang sedang dialami. Dalam penelitian ini diajukan hipotesis (1) ada perbedaan dalam regulasi emosi secara umum antara perempuan dan laki-laki; (2) tidak ada perbedaan dalam cognitive reappraissal antara perempuan dan laki-laki; dan (3) ada perbedaan expressive suppression antara perempuan dan laki-laki. Metode survey dengan kuesioner digunakan untuk mengetahui perbedaan regulasi emosi antara perempuan dan laki-laki. Kuesioner regulasi emosi adaptasi dari kuesioner yang dikonstruksi oleh Gross dan John (2003) digunakan di sini. Partisipan adalah 81 mahasiswa Fakultas Psikologi UI, terdiri dari 48 perempuan dan 33 laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan dalam dimensi cognitive reappraissal antara perempuan dan laki-laki, sedangkan dalam dimensi expressive suppression ada perbedaan antara perempuan dan laki-laki sehingga dalam regulasi emosi secara umum pun ada perbedaan antara perempuan dan laki-laki. Hasil ini sesuai dengan hipotesis penelitian. This study aims to determine differences in emotional regulation between women and men which are currently enrolled in the higher education. In this study, the proposed hypotheses are: (1) there is a difference in emotion regulation in general between women and men; (2) there was no difference in cognitive reappraissal between women and men; and (3) there is a difference in expressive suppression between women and men. We conducted the questionnaire survey method to determine the differences in emotion regulation between women and men. The instrument was adapted from questionnaires constructed by Gross and John (2003). Participants were 81 students of the Faculty of Psychology UI, consisting of 48 women and 33 men. The results showed no difference in the cognitive reappraisal dimension between women and men, while there is no difference in expressive suppression dimension between women and men. Thus, there is also a difference in general emotional regulation between women and men. These results are consistent with the hypothesis of the study.