STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR (STUDI KOMPARATIF SENTRA BATIK TULIS AL-BAROKAH DAN SENTRA BATIK TULIS MELATI DI PAKANDANGAN BARAT KABUPATEN SUMENEP
Main Authors: | Widyastuti, Endang, Hafidhah, Hafidhah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
, 2016
|
Online Access: |
http://ejournal.wiraraja.ac.id/index.php/FEB/article/view/256 http://ejournal.wiraraja.ac.id/index.php/FEB/article/view/256/220 |
Daftar Isi:
- Batik merupakan salah satu hasil karya budaya bangsa Indonesia yang berkembang secara turun temurun dan telah mendapat pengakuan secara internasional. Adanya peningkatan permintaan yang belum diimbangi dengan kondisi internal dan eksternal perusahaan menuntut Sentra Batik Al-Barokah dan Sentra Batik Tulis Melati untuk memiliki strategi pengembangan pasar yang tepat agar usaha yang dijalankan dapat terus berkembang.Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis faktor eksternal perusahaan yang menjadi peluang dan ancaman serta faktor internal perusahaan yang menjadi kekuatan dan kelemahan di Sentra Batik Tulis Al-Barokah dan Sentra Batik Tulis Melati dan merumuskan alternatif strategi.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis lingkungan dengan alat analisis Internal Factor Evaluation (IFE) matrix, Eksternal Factor Evaluation (EFE) Matrix dan Internal – Eksternal (IE) Matrix.Hasil penelitian adalah dengan IFE matrix dapat diketahui bahwa Sentra Batik Tulis Melati dengan total nilai IFE sebesar 3,20 menunjukkan bahwa posisi internal yang dimiliki oleh Sentra Batik Tulis Melati adalah di atas rata-rata. Sedangkan pada Sentra Batik Tulis Al-Barokah memiliki total nilai IFE sebesar 2,38 menunjukkan bahwa posisi Sentra Batik Tulis Al-Barokah adalah di bawah rata-rata. Dari hasil EFE matrix dapat diketahui bahwa Sentra Batik Tulis Melati dengan total nilai EFE sebesar 2,26 dan Sentra Batik Tulis Al-Barokah dengan total nilai EFE sebesar 2,44 menunjukkan bahwa Sentra Batik Tulis Melati dan Sentra Batik Tulis Al-Barokah harus bisa mengatasi ancaman dengan peluang yang dimiliki. Dengan IE dapat diketahui strategi alternatif yaitu penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk.Kata kunci: strategi pengembangan pasar