Pembelajaran kooperatif tipe rotating trio exchange untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa
Main Authors: | Yahya, Amran, Bakri, Nur Wahidah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandun
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/article/view/8399 http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/article/view/8399/4191 |
Daftar Isi:
- Hasil observasi awal menunjukkan rendahnya hasil belajar matematika siswa, dalam proses belajar mengajar matematika aktivitas belajar siswa masih rendah. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek penelitian siswa kelas XI yang terdiri dari 28 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes tertulis bentuk uraian untuk mengukur hasil belajar siswa dan lembar observasi untuk mengukur aktivitas belajar siswa. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Rata-rata aktivitas belajar siswa siklus I yaitu 62% (katagori sedang) meningkat menjadi 73% (katagori tinggi) pada siklus II serta 85% (kategori sangat tinggi) pada siklus III ; Rata-rata nilai tes hasil belajar siswa adalah 68 pada siklus I dengan Persentase ketuntasan 43%, kemudian meningkat menjadi 74 dengan Persentase ketuntasan 68% pada siklus II, dan 83 pada siklus III dengan persentase ketuntasan 86%. Disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe