MAKNA NASIONALISME DALAM IKLAN”KARYA INDONESIA ADALAH KITA” OLEH KEMENTERIAN PERDAGANGAN REPUBLIK INDONESIA

Main Author: Hereyah, Yoyoh; Ilmu Komunikasi, Universitas Mercu Buana
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Bunda Mulia , 2019
Online Access: https://journal.ubm.ac.id/index.php/semiotika/article/view/1720
https://journal.ubm.ac.id/index.php/semiotika/article/view/1720/1448
Daftar Isi:
  • ABSTRACTThis study aims to critically analyze Axe ads presented on television. Departing from the assumption that advertising messages package the sense of nationalism through the advertisement of Karya Indonesia adalah Kita by the Ministry of Trade of the Republic of Indonesia. The results of the study shows that an advertising message implicitly about the sense of nationalism through the advertised campaign products. That way the advertisement becomes very persuasive affecting the audience.Keywords: semiotics, Peirce, advertisement, nasionalism, IndonesiaABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara kritis iklan Axe yang disajikan di televisi. Berangkat dari asumsi bahwa pesan iklan mengemas rasa nasionalisme melalui iklan Karya Indonesia adalah Kita oleh Kementrian Perdagangan Republik Indonesia. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara tersirat pesan iklan mengenai rasa nasionalisme melalui produk kampanye yang diiklankan. Dengan cara itu iklan menjadi sangat persuasif mempengaruhi penonton.Kata kunci: Semiotika,Peirce, Iklan, Nasionalisme, Indonesia