Pengaruh Corporate Social Responsibility, Gcg, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Sustainability Reporting Dan Nilai Perusahaan Dengan Metode Tobins??? Q Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Pada Perusahaan Yang Terdaftar Dan Bertahan Dalam Corporate Governance Perception Index (Cgpi) Selama Periode 2009-2013)

Main Author: Meidinnawati, Meidinnawati
Format: Article
Terbitan: Fakultas Ilmu Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung (UNISBA) , 2017
Subjects:
Online Access: http://hdl.handle.net/123456789/8281
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR), Good Corporate Governance (GCG) dan Ukuran Perusahaan terhadap pengungkapan Sustainability Report dan Nilai Perusahaan dengan metode Tobins???q. Nilai perusahaan yang tinggi menjadi keinginan para pemilik perusahaan, karena dengan nilai yang tinggi menunjukkan kemakmuran pemegang saham yang tinggi pula diukura dengan metode Tobins???q sebagai variabel moderating. Sustainability Report (SR) adalah variabel dependen dalam penelitian ini. Variabel independen yang diteliti termasuk biaya CSR yang dikeluarkan perusahaan pada setiap tahunnya, hasil peringkat GCG perusahaan menurut Corporate Governance Perception Index (CGPI), dan total asset perusahaan yang menjadi acuan untuk ukuran perusahaan. Sampel penelitian ini adalah 9 perusahaan yang bertahan di Corporate Governance Perception Indeks (CGPI) periode 2009-2013. Teknik pengumpulan sampel adalah purposive sampling. Analisis regresi berganda digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian ini Terdapat pengaruh dan signifikan antara variable Corporate Social Responsibility (CSR), Good Corporate Governance (GCG) dan Ukuran Perusahaan (Size) dengan Pengungkapan Sustainability Reporting (SR). Koefisien korelasi berganda atau simultan antara Corporate Social Responsibility (CSR), Good Corporate Governance (GCG) dan Ukuran Perusahaan (Size) dengan Pengungkapan Sustainability Reporting (SR) sebesar r = 0,608, ini berarti terdapat hubungan yang kuat. Variabel SR dapat dijelaskan oleh Corporate Social Responsibility (CSR), Good Corporate Governance (GCG) dan Ukuran Perusahaan (Size) sebesar 30.7% sedangkan sisanya 69,3% dijelaskan oleh faktorfaktor lain yang tidak diteliti.