Strategi Peningkatan Daya Saing Produksi Sentra Kaos Suci di Kota Bandung
Main Authors: | Rivai, Arini, Amaliah, Ima, Julia, Aan |
---|---|
Format: | Article info Kuantitatif application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Islam Bandung
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/4936 http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/4936/pdf |
Daftar Isi:
- Usaha kecil dan menengah adalah suatu lahan baru dalam kemajuan yang terjadi di Kota Bandung. Banyaknya usaha kecil dan menengah di kota Bandung seperti ??usaha makanan, pakaian, sepatu, bahkan alat-alat lainnya yang mampu menjadi?? barang yang bisa digunakan oleh para konsumen.. Sentra industri dan perdagangan yang sudah terkenal di wilayah pemasaran domestik dan luar negeri adalah sentra industri kaos Suci. Bertambahnya jumlah perusahaan dalam setiap tahunnya di industri kaos suci,?? akan meningkatkan persaingan diantara pelaku usaha kaos suci. Kondisi ini tentunya menuntut tiap-tiap perusahaan harus meningkatkan daya saing produknya agar dapat bersaing di pasar lokal maupun pasar internasional.. Tujuan penelitian ini untuk memberikan gambaran dalam meningkatkan strategi daya saing produksi sentra kaos Suci di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode deskriptif kuantitatif, dimana pengumpulan sampel menggunakan tabel Isaac dan Michael dengan jumlah 162 sampel dan dengan tekhnik pengolahan data menggunakan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari tiga belas variabel yaitu sumber daya manusia, sumber daya fisik, sumber daya pengetahuan, sumber daya modal, sumber daya infrastruktur, permintaan pasar domestic, trend produksi, upaya untuk mengekspor ke luar negeri, gaya manajemen, sikap terhadap investasi, persaingan didalam negeri, pemerintah, dan kesempatan. ang harus ditingkatkan adalah kualitas sumber daya manusia untuk meningkatkan daya saing produksi sentra kaos Suci, dan yang harus di pertahankan adalah manajemen perusahaan dalam mengontrol kegiatan produksi.