Pengaruh Biaya Corporate Social Responsibility (Csr) terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013 ??? 2015)
Main Authors: | Nurhakim, Reza, Rosdiana, Yuni, Nurleli, Nurleli |
---|---|
Format: | Article info Bachelors application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Islam Bandung
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/5096 http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/5096/pdf |
Daftar Isi:
- Sebuah perusahaan didirikan bertujuan untuk memperoleh profit. Profit digunakan sebagai suatu dasar untuk pengambilan keputusan dan unsur prediksi untuk keberlanjutan usaha. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan faktor pendukung yang dianggap dapat berpengaruh bagi profitabilitas salah satunya dengan Corporate Social Responsibility (CSR). CSR merupakan sebuah alat marketing baru bagi pertumbuhan perusahaan untuk mendapatkan citra positif dari masyarakat luas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui biaya CSR yang dikeluarkan oleh perusahaan perbankan, untuk mengetahui profitabilitas perusahaan perbankan, dan terakhir untuk mngetahui pengaruh biaya CSR terhadap profitabilitas perusahaan perbankan. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2013-2015. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan teknik analisis data menggunakan metode kuantitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini yaitu purposive sampling. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah analisis regreresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa biaya CSR mengalami kenaikan setiap tahunya. Profitabilitas perusahan perbankan mengalami fluktuasi setiap tahunya. Pengaruh biaya CSR terhadap profitabilitas perusahaan perbankan berpengaruh signifikan.