Hubungan Komitmen Beragama Islam Dengan Misdemeanors Di Sekolah Pada Siswa Mts Nurul Iman Bandung

Main Author: Afifah, Anisa Fathin
Format: Article
Terbitan: Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung (UNISBA) , 2016
Subjects:
Online Access: http://hdl.handle.net/123456789/5344
Daftar Isi:
  • MTs Nurul Iman merupakan salah satu sekolah yang memberikan pendidikan agama islam yang lebih dari sekolah lainnya. Dikatakan dengan diberikannya pendidikan agama islam dipercaya akan meningkatkan komitmen beragama pada siswa. Pada kenyataannya, siswa kelas 9 berprilaku seperti membohong, mengulangi kesalahan, tidak tepat waktu, pesimis, tidak dapat mengontrol emosi atau menampilkan perilaku komitmen beragama yang rendah. Siswa yang menunjukan perilaku tersebut cenderung melakukan pelanggaran terhadap peraturan yang telah di tetapkan oleh sekolah. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh data empiris mengenai keeratan hubungan antara komitmen beragama islam dengan misdemeanors di sekolah pada siswa kelas 9 A-E MTs Nurul Iman. Metode yang digunakan adalah metode korelasional. Teknik sampling yang di gunakan adalah teknik random sampling dengan subjek sebanyak 70 siswa. Alat ukur yang digunakan berupa kuisioner komitmen beragama islam berdasarkan teori Glock & Strak (1969 :4) yang sudah di modifikasi oleh Agus Sofyandi Kahfi (2015). Dan alat ukur misdemeanors di sekolah berdasarkan teori Hurlock (1973) yang di sesuaikan dengan peraturan MTs Nurul Iman. Hasil penelitian didapatkan nilai korelasi sebesar -0.659 yang berarti terdapat hubungan negatif dengan tingkat korelasi tinggi antara komitmen beragama islam dengan misdemeanors di sekolah pada siswa kelas 9 A-E MTs Nurul Iman. Artinya semakin rendah komitmen beragama islam, maka semakin tinggi misdemeanors di sekolah. Sebaliknya, semakin tinggi komitmen beragama islam, maka semakin rendah misdemeanors di sekolah.