Strategi Program Tayangan 'INI TALKSHOW' di Stasiun Televisi NET

Main Author: Kurnia, Damayanti
Format: Thesis
Terbitan: Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung (UNISBA) , 2016
Subjects:
Online Access: http://hdl.handle.net/123456789/4686
Daftar Isi:
  • Industri Penyiaran di Indonesia kini semakin menunjukan perkembangan yang sangat pesat. Banyaknya stasiun televisi yang hadir membuat program televisipun semakin beragam terutama program-program yang ber-genre hiburan. NET. sebagai salah satu stasiun televisi baru di Indonesia yang resmi diluncurkan pada 18 Mei 2013, telah menunjukan upayanya memberi programprogram hiburn yang fresh, inovatif, dan sangat menghibur. Salah satunya adalah program ???INI Talk Show???. Program yang berdurasi dua jam ini mempersembahkan format talkshow yang dilengkapi dengan nuansa komedi tanpa mengurangi unsur informatif dan edukatif. Program ini telah mendapatkan respon positif dari masyarakat. Diantaranya melalui kuis Twitter yang hampir setiap hari meraih trending topic Indonesia bahkan mendunia. Selain itu, dilihat dari data riset Nielsenpun menunjukan bahwa share rating program ini cenderung mengalami kenaikan secara bertahap dari awal kemunculannya hingga kini. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti strategi program dari ???INI Talk Show??? di NET. karena penulis meyakini bahwa sebuah strategi program adalah kunci dari kesuksesan program televisi itu sendiri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan observasi yang bertujuan untuk mencari tahu strategi programnya berdasarkan konsep Morisan yang meliputi perencanaan, produksi, eksekusi hingga evaluasi. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu perencanaan program meliputi analisis audien di jam primetime, menentukan konsep program keseluruhan, membuat pilot project dan schedulling serta prepare untuk tahap produksi. Tahap produksi dihandle oleh tim produksi yang terbagi dalam pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Sementara untuk eksekusinya program ini menggunakan strategi stripping untuk mendapatkan audiens sebanyak mungkin. Tahap evaluasi sendiri rutin dilakukan secara berkala baik itu harian melalui applikasi obrolan, mingguan setiap hari Jumat, bulanan, hingga evaluasi tahunan.
  • Dr. Oji Kurniadi, Drs., M.Si.