Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Pemoderasi (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang Termasuk dalam Kelompok LQ 45 tahu 2011-2013)

Main Authors: Indah, Sinta Permana; Akuntansi, Universitas Islam Bandung, Fadilah, Sri; Akuntansi, Universitas Islam Bandung, Sukarmanto, Edi; Akuntansi, Universitas Islam Bandung
Format: Article Kuantitatif info application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/3090
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/3090/1646
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengungkapan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel pemoderasi, pengaruh pengungkapan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan, dan pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Pengungkapan corporate social responsibility dalam penelitian ini menggunakan indikator standar GRI Index. Nilai perusahaan dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan Price Book Value (PBV). Profitabilitas dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan Return On Investment (ROI). Penelitian ini menggunakan metode Moderaring Regression Analysis (MRA). Untuk kegunaan penelitian tersebut, pengumpulan data dilakukan menggunakan target populasi pada 45 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok LQ 45 pada periode tahun 2011-2013. Dari penarikan target populasi diperoleh 11 perusahaan yang sesuai dengan kriteria. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa pengungkapan corporate social responsibility tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas sebagai variabel moderating mampu mempengaruhi hubungan pengungkapan corporate social responsibility dengan nilai perusahaan.