Studi Deskriptif Mengenai Domain ??? Domain Children Well-Being pada Anak Kelas VI Di SD Negeri Pelesiran Bandung
Main Authors: | Ediwidjojo, Widhyandari Hardadi; Prodi Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Islam Bandung, Utami, Indri; Prodi Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Islam Bandung |
---|---|
Format: | Article Kualitatif info application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Islam Bandung
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/2917 http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/2917/pdf |
Daftar Isi:
- SD Negeri Pelesiran Bandung pada anak kelas 6, banyak orang tua murid yang memiliki latar belakang pendidikan dan status ekonomi yang rendah. Orang tua yang tidak mengerti mengenai pendidikan menyerahkan seluruh pendidikan anak ??? anak mereka pada guru ??? guru yang berada disekolah. Dirumah orang tua tidak berusaha mencoba untuk menerapkan apa yang sudah diajarkan disekolah kepada anak. Banyak orang tua yang tidak menghadiri rapat orang tua. Berdasarkan hasil wawancara kepada 6 siswa baik laki ??? laki atau perempaun anak merasa kurang dekat dengan kedua orang tuanya karena kedua orang tuanya sibuk bekerja. Anak merasa senang saat berada disekolah dan bertemu dengan teman ??? temannya. Pada saat dirumah anak merasa kurang puas dalam penggunaan waktu luangnya. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh data empiris mengenai gambaran domain ??? domain children well-being pada anak kelas 6 di SD Negeri Pelesiran Bandung. Metode yang digunakan adalah studi deskriptif dengan jumlah subyek 20 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner children well-being yang berisi item ??? item berupa pernyataan mengenai 8 domain life satisfaction berdasarkan teori subjective well-being dari Diener yang disusun ulang oleh UNICEF. Hasilnya diolah menggunakan microsoft excel for windows. Hasil diperoleh menunjukkan bahwa di beberapa domain terdapat domain ??? domain yang paling dominan, interpersonal relationship satisfaction, school satisfaction, health satisfcation (100%) dan yang paling rendah time organization satisfaction (85%), artinya pada domain paling dominan anak merasa sejahtera dengan kehidupannya.