Hubungan antara Penyesuaian Akademik dengan Prestasi Belajar pada Siswa Kelas 4 dan 5 SDN Haurpancuh Bandung

Main Authors: Jayanti, Indria; Prodi Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Islam Bandung, Widawati, Lisa; Prodi Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Islam Bandung
Format: Article Kualitatif info application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Islam Bandung , 2016
Subjects:
Online Access: http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/2846
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/2846/pdf
Daftar Isi:
  • Sekolah Dasar Negeri Haurpancuh Bandung merupakan salah satu sekolah dasar negeri yang berada di kota Bandung, yang mencoba menerapkan kurikulum 2013. Selama pelaksanaan kurikulum 2013 ini siswa banyak mengalami penurunan prestasi belajar, pekerjaan rumah diselesaikan sekolah, tidak memperhatikan ketika guru sedang menjelaskan, dan siswa menjawab soal ulangan dengan asal. Maksud penelitian ini untuk mengetahui keeratan hubungan antara penyesuaian akademik dengan prestasi belajar, dalam upaya meningkatkan proses belajar siswa melalui pengaturan waktu, strategi kegiatan belajar, cara mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian, dan mempersiapkan karir siswa SDN Haurpancuh Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris mengenai keeratan hubungan antara Penyesuaian Akademik dengan prestasi belajar siswa kelas 4 dan 5 SDN Haurpancuh Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 64 siswa. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan alat ukur kuesioner dan nilai raport siswa selama 2 semester. Data yang diperoleh berupa data ordinal dengan perhitungan uji korelasi spearman. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh angka korelasi antara penyesuaian akademik dan prestasi belajar sebesar r = 0.531 termasuk ke dalam kategori korelasi cukup. Artinya ada hubungan yang cukup erat antara penyesuaian akademik dengan prestasi belajar siswa kelas 4 dan 5 SDN Haurpancuh Bandung.