Hubungan Self Esteem dengan Self Regulated Learning pada Siswa Kelas Ix Di SMP X Bandung (Studi Pada Siswa Ranking Lima Besar Kelas Ix Di Smp X Bandung)
Main Authors: | Pratiwi, Ridha Rizki; Fakultas Psikologi, Universitas Islam Bandung, Aslamawati, Yuli; Fakultas Psikologi, Universitas Islam Bandung |
---|---|
Format: | Article Kuantitatif info application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Islam Bandung
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/2704 http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/2704/pdf |
Daftar Isi:
- SMP X Bandung merupakan sekolah swasta yang di kelola oleh PGRI dengan status akreditasi A di Kecamatan Buahbatu Bandung. Hampir 60% siswa di SMP X memiliki prestasi akademik rendah dan melanggar peraturan sekolah, seperti merokok, bolos sekolah, berkata kasar, membawa kendaraan bermotor serta membawa minuman keras. Latar belakang sosial-ekonomi dan pendidikan dari orang tua siswa yang bersekolah di SMP X juga tergolong rendah. Walaupun demikian, tidak semua siswanya menampilkan perilaku melanggar aturan sekolah dan memiliki prestasi akademik yang rendah. Ada beberapa siswa berada pada ranking 5 besar di kelasnya, yang menunjukan perilaku positif, seperti; mengerjakan tugas tepat waktu, mentaati peraturan sekolah, serta mempertahankan prestasi akademik dari kelas VII . Berdasarkan hasil wawancara mereka bisa mempertahankan prestasi akademik karena dukungan dari orang tua sehingga mereka merasa mampu dan layak untuk mempertahankan prestasi akademik di sekolah. Usaha yang mereka lakukan agar bisa mempertahankan prestasi akademiknya yaitu, mengerjakan PR tepat waktu, mengevaluasi niali yang diperoleh, meluangkan waktu untuk diskusi tugas yang sulit, membaca buku untuk memecahkan persoalan tugas yang sulit. Dari hasil wawancara mengindikasikan siswa memiliki self esteem dan self regulated learning yang tinggi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa erat hubungan antara self esteem dengan self regulated learning pada siswa ranking 5 besar kelas IX di SMP X Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional. Penelitian ini adalah penelitian populasi dengan siswa kelas IX ranking 5 besar ??sebanyak 25 orang. Alat ukur yang digunakan adalah kuisioner self esteem yang diturunkan dari teori Christopher J. Mruk (2006) dan alat ukur self regulated learning yang diturunkan dari teori Zimmerman (1989). Berdasarkan hasil pengolahan data dengan menggunakan koefisien korelasi Rank Spearman diperoleh Rs= 0,701 menurut tabel Guilford termasuk ke dalam kriteria korelasi tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang erat antara self esteem dengan self regulated learning siswa ranking 5 besar kelas IX di SMP X Bandung.