Studi Deskriptif Mengenai Adversity Quotient Pada Guru SLB-C Islam di Kota Bandung

Main Authors: Putri, Rery Adjeng; Fakultas Psikologi, Universitas Islam Bandung, Yanuvianti, Milda; Fakultas Psikologi, Universitas Islam Bandung
Format: Article Kuantitatif info application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Islam Bandung , 2016
Subjects:
Online Access: http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/2695
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/2695/pdf
Daftar Isi:
  • Guru SLB-C Islam adalah guru-guru lulusan dari pendidikan luar biasa C yang khusus mengajar dan mendidik anak-anak tuna grahita atau anak-anak yang memiliki kecerdasan dibawah rata-rata. Dalam melakukan proses pembelajaran, guru merasakan adanya hambatan dan kesulitan seperti guru mengajar siswa yang bukan dari keahliannya sehingga dalam mengajar membutuhkan pendekatan yang berbeda, guru harus menghadapi perilaku tantrum siswa dan kebiasaan buruk yang dibawa oleh siswa dari rumah. Dalam menghadapi masalah tersebut ada guru yang memandang masalah tersebut sebagai tantangan,?? ada yang menganggap sebagai masalah yang dapat diselesaikan dan masalah yang tidak dapat diselesaikan. Bagaimana guru memandang masala tersebut menggambarkan mengenai Adversity Quotient. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana gambaran mengenai Adversity Quotient pada guru SLB-C Islam di Bandung. Metode yang digunakan yakni studi deskriptif dengan subjek penelitian seluruh guru yang mengajar di SLB-C Islam tersebut dengan jumlah 20 guru. Teknik analisis yang digunakan analisis data distribusi frekuensi dengan hasil yang didapat bahwa terdapat 11 guru yang memiliki Adversity Quotient sedang atau Camper dan sembilan guru memiliki Adversity Quotient tinggi atau Climber. Menggambarkan bahwa?? guru dalam mengajar siswa masih memiliki rasa bertanggung jawab, tidak menyalahkan diri sendiri secara berlebihan, memiliki pengendalian yang kuat namun masih memandang permasalahan sebagai hal yang berlangsung lama.