Implikasi Pendidikan Dari QS. Al-Qiyamah ayat 16-19 terhadap etika mempelajari Al-Qur'an

Main Author: wahyuni, meitri nursri
Format: Article Bachelors info application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas islam Bandung , 2015
Subjects:
Online Access: http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/3249
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/3249/pdf
Daftar Isi:
  • Al-Qur???an dan Al-Hadits merupakan dua sumber ajaran islam, dimana segala sesuatu mengenai hidup dan kehidupan telah diatur di dalamnya. Al-Qur???an adalah firman Allah SWT sebagai mukjizat Nabi Muhammad yang tertulis dalam mushaf-mushaf, yang diriwayatkan dengan jalan mutawatir, dipandang beribadah membacanya. Untuk itu umat muslim diwajibkan belajar Al-Qur???an dan mengajarkannya kepada saudaranya. Al-Qur???an surat Al-Qiyamah ayat 16-19 berbicara mengenai larangan Allah SWT. kepada Rasulullah untuk tidak tergesa-gesa dalam menguasai Al-Qur???an ketika wahyu sedang diturunkan sehingga Rasul mendahului malaikat Jibril dalam bacaannya. Allah SWT. menjamin akan mengumpulkan Al-Qur???an di dalam dada beliau dan menjelaskan wahyu tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: untuk memperoleh gambaran pendapat para mufasir tentang isi kandungan QS. Al-Qiyamah ayat 16-19, untuk memperoleh esensi isi kandungan QS. Al-Qiyamah ayat 16-19, untuk memperoleh gambaran pendapat para ahli pendidikan mengenai etika mempelajari Al-Qur???an, untuk memperoleh implikasi pendidikan dari QS. Al-Qiyamah ayat 16-19 tentang etika mempelajari Al-Qur???an. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu menghimpun data dan informasi yang telah ada atau yang telah terjadi dengan teknik studi literature. Kegiatan penelitian dilakukan dengan cara mengkaji secara mendalam berbagai tafsir dan buku-buku yang berhubungan dengan pokok masalah dalam penelitian. Esensi yang terkandung dalam QS. Al-Qiyamah ayat 16-19 adalah: (1) Tidak boleh tergesa-gesa dalam mempelajari Al-Qur???an ketika pembelajaran Al-Qur???an sedang berlangsung. (2) Tidak boleh memotong perkataan guru ketika sedang menyampaikan pembelajaran Al-Qur???an. (3) Harus yakin bahwa Allah SWT. menjamin akan menjadikan hafal Al-Qur???an dan menjelaskan maknanya. Berdasarkan hasil analisis terhadap esensi tentang etika mempelajari Al-Qur???an terdapat beberapa implikasi pendidikan, yaitu: (1) Guru harus mengetahui dan memahami langkah-langkah dan prinsip-prinsip mempelajari Al-Qur???an. (2) Guru menguasai dan memahami karakter siswa secara individual. (3) Siswa bersikap tenang dan tartil dalam mempelajari Al-Qur???an. (4) Siswa menunjukkan perhatian dan konsentrasi yang tinggi. (5) Siswa harus memiliki niat dan tekad yang kuat dalam menguasai Al-Qur???an