Hubungan antara Tayangan Iklan Energen dengan Kesadaran Khalayak Untuk Sarapan Sehat di Pagi Hari
Main Author: | Hakim, Alfi Fauzia |
---|---|
Format: | Thesis |
Terbitan: |
Fakultas Komunikasi (UNISBA)
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://hdl.handle.net/123456789/3156 |
Daftar Isi:
- Televisi menjadi salah satu media massa yang cukup berpengaruh. Tak heran televisi sering dijadikan media untuk menyebarkan informasi, promosi, kampanye, dan lain sebagainya. Periklanan pun sering menggunakan media televisi meskipun biaya yang dikeluarkan tidaklah sedikit. Seperti iklan layanan masyarakat yang dibuat oleh Energen yang bekerjasama dengan Pergizi Pangan Indonesia. Pesan dalam iklan ini berupa ajakan untuk melakukan sarapan sehat sebelum jam 9. Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara tayangan iklan Energen versi ???Sarapan Sehat Sebelum Jam 9??? dengan kesadaran khalayak untuk sarapan sehat di pagi hari. Metodologi penelitian yang digunakan adalah korelasional, dengan responden siswa SMAN 6 Bandung. Teori yang digunakan adalah Teori Difusi Inovasi. Indikator variabel X (tayangan iklan Energen), yaitu pemenuhan harapan, model, slogan, dan emosi yang terlibat. Sedangkan indikator variabel Y (kesadaran sarapan sehat di pagi hari), yaitu pengetahuan, persuasi, keputusan, dan konfirmasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang cukup berarti antara tayangan iklan Energen versi ???Sarapan Sehat Sebelum Jam 9??? dengan kesadaran khalayak untuk sarapan sehat di pagi hari.
- Dr.Oji Kurniadi, Drs., M. Si