Pola Komunikasi Anak Tuna Rungu dengan Menggunakan Bahasa Isyarat sebagai Pengganti Bahasa Lisan di Sekolah Luar Biasa
Main Author: | Sobarudin, Rizky Syaban |
---|---|
Format: | Thesis |
Terbitan: |
Fakultas Komunikasi (UNISBA)
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://hdl.handle.net/123456789/3121 |
Daftar Isi:
- Tunarungu adalah penyakit yang tidak bisa mendengar. Kekurangan dalam hal pendengaran membuat penyandang tuna rungu sangat sulit dalam berkomunikasi dan melakukan kegiatan sehari-harinya. Oleh karena itu, penyandang tuna rungu harus mendapatkan bantuan untuk mempermudah aktivitasnya sehari-hari. Untuk mempermudah aktivitasnya, penyandang tunarungu dapat memperoleh pendidikannya di sekolah luar biasa (SLB) yang saat ini sudah banyak berdiri. Dengan adanya SLB ini penyandang tunarungu dapat mengembangkan bakat, belajar dan dibimbing dalam berkomunikasi dengan yang lainnya oleh guru yang ahli dalam bidangnya. Dengan sama halnya diatas, peneliti melakukan penelitian yang berhubungan dengan komunikasi. Maka dari itu penelitian ini bertujuan menjelaskan peristiwa komunikasi, setting komunikasi dan pola komunikasi tentang anak tunarungu yang terjadi di dalam kelas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Peneliti memperoleh sumber informasi dari buku-buku yang bisa menjadi acuan dalam menyelesaikan penelitian ini. Beberapa buku yang peneliti gunakan adalah buku etnografi komunikasi dan buku metode penelitian kualitatif. Selain buku-buku, peneliti menggunakan sumber lain, yaitu media online. Penelitian ini dilakukan di sekolah luar biasa (SLB) negri B Garut. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa dan pengajar SLBN/B Garut dan sampel penelitian ini diambil sebagian kecil dari populasi untuk dijadikan narasumber. Penelitian menyimpulkan dengan adanya keterbatasan yang dimiliki oleh siswa tunarungu tidak menjadi penghalang atau alasan bagi mereka untuk berkomunikasi dengan orang banyak
- Teguh Ratmanto, S.Sos., MA., Comms.